RSS

Pencairan Dana Bos Provinsi Jawa Barat Tahun 2012

21 Jun

Beradasrkan RADJIMAN, (GM)- Pencairan dana BOS pusat mau pun provinsi untuk triwulan kedua dipastikan tidak akan terlambat. Rencananya, pencairan atau penyaluran dana BOS pusat dan provinsi ini akan dilaksanakan pada awal April 2012 atau minggu pertama triwulan kedua. “Kami pastikan, pencairan atau penyaluran dana BOS pusat dan provinsi akan tepat waktu,” tandas Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Dinas Pendidikan Jabar, Drs. Dede Hasan yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/3).

Pada kenyataan di lapangan, dana BOS Provinsi belum juga cair. Sejumlah kepala sekolah pun belum mengetahui jika BOS provinsi akan cair.

Menurut sumber INILAH.COM, yang minta identitasnya dirahasiakan, menyebutkan, sampai saat ini belum ada kejelasan soal pencairan dana BOS provinsi. Soalnya, pemberitahuan dari Disdik kabupaten belum ada. Biasanya, jika BOS cair, petugas di Disdik akan segera memberitahukan ke UPTD lalu ke setiap sekolah.

“Justru kami tidak tahu dan malah mau nanya, memangnya cair bulan ini ya?,” kata dia, Selasa (12/6/2012).

Dikatakan dia, sekolah akan tetap menunggu kepastian pencairan BOS provinsi ini. Karena itu, dirinya akan menanyakan kejelasannya ke pengelola BOS di tingkat kecamatan dan kabupaten pada Rabu (12/6/2012) besok. Jika sudah ada, berarti dana tersebut tinggal dipergunakan sesuai peruntukannya. Sebaliknyan bila belum cair, maka sekolah harus mencari pinjaman untuk biaya operasionalnya.

Terkait hal itu, Manajer BOS Kabupaten Purwakarta, Akun Kurniadi mengatakan, BOS dari provinsi mengalami keterlambatan pencairan. Pasalnya, mekanismenya kembali berubah. Tahun lalu, alokasi BOS tersebut masuk ke kas daerah. Selain itu, anggaran itu dikelola di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

“Ketika anggarannya sudah ada di kas daerah, maka setiap sekolah harus mengajukan proposal pencairan ke DPKAD. Mekanisme baru itu, membuat ribet para kepala sekolah. Apalagi, pencairan BOS melalui kas daerah itu sifatnya kolektif. Jika ada satu sekolah yang belum mengajukan proposal, maka sekolah lainnya harus menunggu. Rupanya mekanisme seperti itu tidak cocok,” kata Akun.

Menurut akun, dengan kondisi demikian, pada tahun ini mekanisme pencairan BOS dikembalikan seperti dulu. Yaitu, BOS dari pusat dan provinsi langsung di transfer ke rekening masing-masing sekolah. Sehingga, anggaran itu tidak transit dulu di kas daerah. Jika mekanismenya berubah lagi, lanjut dia, maka pencairan BOS tahun ini pun mengalami keterlambatan. Termasuk, pernyataan Gubernur Jabar belum sesuai dengan fakta di lapangan. Karena, sampai hari ini sekolah belum menerima dana BOS dari provinsi.

Dijelaskan Akun, jumlah siswa SD yang menerima BOS provinsi sekitar 116.000 anak dari 432 SD. Setiap siswa mendapatkan alokasi Rp25.000/tahun. Sedangkan, untuk siswa SMP, besaran bantuannya Rp127.500/tahun. Adapun jumlah siswa SMP yang mendapatkan BOS sekitar 30.000 yang tersebar di 47 sekolah.[ang]

Sumber:http://www.inilahjabar.com/read/detail/1871242/di-purwakarta-bos-provinsi-belum-cair

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 21, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: